Rabu, 29 Desember 2010

Perbandingan topologi jaringan

Topologi jaringan BUS

   
      Pada topologi bus ini dua ujung jaringan diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. jaringan ini hanya terdiri dari satu buah kabel yang mengunakan kabel BNC.komputer yang ingin terhubung kejaringan dapat menghubungkan dirinya mantap Ethernetnya dengan sepanjang kabel.
- Keunggulan topologi Bus ini adalah,pengembangan jaringan  atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
- Kelemahan dari topologi bus ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
 
Topologi Ring
    Topologi ini sering disebut juga dengan "Token ring" yang berarti sebuah akses jaringan dengan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf sedorblum pada tahun 1969.lalu token ring dibeli oleh perusahaan IBM pada tahun 1984.Elemen kunci dari desain token ring ini menngunakan konektor milik IBM itu sendiri dengan menngunakan kabel twisted pair.dan memasang Hub aktif yang berada di dalamsebuah jaringan komputer.
Kelebihan topologi ini
- hemat kabel
- tidak perlu pengamanan bundek kabel khusus.
- dapat melayani lalu lintas data yang padat.
kelemahan
- rentan terhadap kesalahan,
- pengembangan jaringan lebih kaku,
- sistem pengoperasian lambat,dan
- kerusakan pada media pengiriman terminal dapat melumpuhkan kinerja seluruh jaringan.

Topologi Star
     Topologi star ini merupakan topologi jaringan yang paling sering digunakan. Pada topologi ini, kendali terpusat dan semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tsb kesemua simpul pada data yang dipilihnya. simpul pusat juga sering disebut dengan stasiun primer atau server dan bagian lainnya disebut dengan stasiun sekunder atau client. pada topologi ini, koneksi yang terganggu antara suatu node dan hubungan tidak terpengaruh oleh jaringan. jika hub rusak, maka semua node uang dihubungkan dengan hub tsb tidak dapat saling berkomunikasi.sedangkan Hub berfungsi untuk menerima sinyal-sinyal dan meneruskan kesemua komputer yang terhubung dalan satu Hub.
 Keunggulan topologi star.
- fleksibelitasnya cukup tinggi
- penambahan atau pengurangan komputer sangat mudah dan tidak mengganggujaringan lain,
- kontrolnya terpusat sehingga mudah dalam pengelolaan jaringan
- kemudahan dalam kerusakan mudah di deteksi, jika terdapat node yang terputus, maka tidak                       akan mempengaruhi jaringa secara keseluruhan.

Kekurangan topologi star
- boros kabel
- perlu penanganan yang khusus
- jika Hub rusak, maka jaringan yang berada dalam 1 Hub akan menjalar dan rusak juga.

 Topologi Mesh

    Topologi ini sering juga disebut dengan topologi jala, yang artinya suatu bentuk hubungan antara perangkat dimana setiap perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dalam berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju,

 Kelebihan topologi mesh
- Hubungan dedikasi link menjamin data langsung dikirim ke komputer tanpa harus melalui komputer lain sehingga prosesnya lebih cepat.
 - memiliki sifat robush, yaitu misalnya terdapat gangguan antara komuter A san B karna rusaknya kabel koneksi antara A dan B, maka gangguan tsb tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A ke komputer lainnya.
- sistem keamanan pada topologi ini terjamin.
- memudahkan identifikasi problem jika terjadi kerusakan koneksi antar komputer.

Kekurangan topologi mesh
- membutuhkan banyak kabel port I/O
- karna membutuhkan banyak kabel, maka instalasi dan konfigurasinya menjadi lebih sulit.
- diperlukan space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer2 itu berada.

Jadi masing-masing topologi diatas memiliki kekurangan dan kelebihan, hanya tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan.
sumber
  1. http://www.rezafauzi.com
  2. http:// www.wikipedia.org

1 komentar:

  1. nice info.
    terimakasih informasinya...

    jgn lupa mampir kesini iyya http://quantamultimedia.com/

    BalasHapus