Minggu, 19 Desember 2010

Perbedaan antara windows NT, 2000 server,2003,server,dan 2008 server

Windows NT
        windows ini merupakan sistem operasi 32-bit,sistem operasi tersebut mulanya mengandung beberapa flatform microprosessor, untuk sistem operasi windows ini hanya mendukung flatform intel          80x86,AMD64,dan intel Intel IA64. sementara yang lainnya tidak mendukung lagi. mengingat kurangnya dukungan dari pihak ketiga untuk prosessor tsb. windows ini juga memiliki beberapa fitur, diantaranya :
1. dukungan penuh prosesor 32-bit
2. dukungan aplikasi 32 bit murni.
3. sistem keamanannya lebih canggih dibandingkan sistem operasi MS-DOS,windows 9x atau IBM OS.
4. dukungan sistem berkas  yeng berbentuk file yang banyak digunakan seperti FAT 16.
5. disain full GUI.

Windows 2000 server
      merupakan sebuah sistem operasi windows yang versinya merupakan pengembangan dari windows NT v40. yang dikeluarkan oleh microsoft pada tanggal 17februari 2000 di negara Amerika serikat, windows ini juga menambahkan beberapa fitur yang baru, antara lain :
a. Active directory yang baru
b. image preview
c. dukungan untuk microsoft DirectX
d. browser yang baru yaitu Internet Explorer v 5.0
e. aplikasi windows media player v64 yang terintegrasi.
f. plug N play yang sudah canggih
g. menggunakan driver hardware yang berbasis Windows Driver Model
h. terminal server yang sudah terintegrasi.

    Windows 2003 server
Merupakan sebuah versi sistem operasi microsoft windows yang ditunjuk untuk pasar server coorporat. windows ini juga memiliki nama code Whistler server yang mulain dikerjakan pada tahun akhir 2000.tujuannya agar microsoft membuat flatform.NET. dengan memyediakan insfrastruktur network yang terbentuk dari windows server dan windows work station. fitur yang diusung oleh windows server 2003 edisi standar ini ialah :
1. fitur standar sebuah server ,file service,print service, atau aplikasi server yang diinstalasi.
2. domain controller server
3. public key insfrastructure
4. domain name server (DNS)
5. windows internet name service
6. windows terminal service.

Windows 2008 server
      windows ini merupakan sistem operasi untuk server dari perusahaan microsoft.server ini merupakan pengembangan dari versi yang sebelumnya, yaitu windows 2003 yang seperti tertera diatas.
windows 2008 server ini mendukung client dari windows vista. mirip dengan windows 2003 yang dan windows xp. Adapun fitur-fitur dari windows server 2008 ini ialah dibangun dengan code yang sama seperti windows vista, karna windows ini memiliki arsitektur dan fungsi yang sama dengannya.karna windows vista oleh microsoft, memajukan pengembangan secara teknis dibandingkan windows sebelumnya. maka hal serupa juga dimiliki oleh windows vista.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar