Minggu, 19 Desember 2010

Perbedaan antara Sun,Linux,MAC OS,dan Free BSD

Sun solaris
   Merupakan sebuah sistem opersi keluarga unix,yang dibuat oleh
perusahaan sun mycrosistems.open solaris adalah sun solaris yang diopen source kan kebawah lisensi common development and disribution license atau sering juga disebut CDDL. sun solaris ini bisa dijalankan diatas prosessor yang berspek x86,x64, dan SPARCE. karna sun mengontrol sendiri hardware dan softwarenya, maka sun ini dapat mengembangkan fitur2 yang menarik seperti hot swapable RAM, motherboard, hardisk, dan CPU.
Sun OS merupakan sebuah versi UNIX. yang di pakai dalam workstation-workstation mycrosistem.yang diliris pada tahun 1982, setelah meliris sun OS v4.

LINUX

  Linux merupakan sistem operasi yang bertipe UNIX. linux ini merupakan salah satu contoh dari pengembangan free softeware dan sumber terbuka utama.seperti free softwae dan sumber terbuka utama lainnya. code sumber linux dapat dimodifikasi, digunakan, dan didistribusikan kembali oleh siapa saja. sistem operasi linux ini juga keunggulannya yaitu :
1. linux termasuk sistem operasi yang cukup terjangkau (tergantung harga CD dipasaran juga) karna sifatnya  open source.dibandingkan windows NT yang jauh lebih mahal.
2. kestabilan sistemnya yang lumayan bagus dibanding sistem operasi yang sudah populer sebelumnya, seperti windows.
3. adanya source code yang tersedia sehingga dapat dibuka dan dipelajari serta mendebugnya sendiri.
4. aplikasi yang tersedia, lumayan banyak, gratis, dan legal.
5. dalam kecepatan hardwarenya pun linux jauh lebih unggul dibandingkan windows NT, sebagai perbandingan apabila kita menjalankan windows NT dibutuhkan minimal pentium dengan 32MB, sedangkan linux hanya butuh pentium 99 dengan 16MB
6. perusahaan yang mendukungnya pun cukup terkenal, seperti Oracle, Netscape, IBM, Corel, Sun, Informix dan Adaptec.

 MAC OS
   MAC ialah singkatan dari machinetosh operating system.jadi MAC OS ialah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan apple computer yang khusus untuk komputer machinetos dan tidak komputible dengan komputer lain yang berbasis IBM.
Ada juga yang disebut MAC OS X, "X" dinisi ialah angka romawi yang berarti 10, dimana versi ini penerus dari sistem operasi yang telah dibuat sebelumnya, seperti MAC OS8 &9. kebanyakan dari mereka mentafsirkan "X" disini karna tradisi untuk memberikan sistem operasi yang berbasis UNIX.dengan akhiran "X" seperti AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix.
 Berikut ini ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh MAC OS X antara lain :
a. Office yang digunakan ialah Microsoft Office 2004 for Mac,(lebih baik dari versi windows), Neo Office (Free but powerfull), keynote (aplikasi seperti  power point apabila di windows) 
 b. aplikasi internet antara lain : mozila firefox,YM,safari, dan opera mini.
 c. aplikasi multimedia antara lain : VLC (multimedia player) dan iTunes (pengganti winamp)
 d. programing, antara lain : Netbeans (Java), eclipse, dan dreamweaver (web)
 e. disain grafis antara lain : flash dan fotoshop..
Dan masih banyak lagi aplikasi-aplikasi yang melebihi sistem operasi pada windows.

Free BSD


    Free BSD
Sebagaimana yang lain, free BSD ini juga merupakan sistem operasi yang berbasis UNIX bebas. freeBSD memiliki beberapa fitur unik yang berkaitan dengan penyimpanan. Update Soft menjaga integritas filesystem dalam hal sistem crash. Kerangka Geom menyediakan fitur seperti RAID (level 0, 1, 3 saat ini), enkripsi disk, dan Rangkaian drive. Snapshots Filesystem memungkinkan gambar filesystem di sebuah instan pada waktunya untuk secara efisien dibuat. Snapshots memungkinkan cadangan yang dapat diandalkan filesystem hidup. FreeBSD juga menyediakan filesystem ZFS sebagai alternatif dari sistem file normal UFS2.

Apabila kita ingin memakai salah satu dari sistem operas diatas, jangan lupa untuk menimbang-nimbang lagi sesuai dengan kebutuhan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar